Tips Memelihara Alat Masak

27236447_s

Apa yang terpenting dalam kegiatan memasak dan eksplorasi rasa? Bahan dan resep? Tentu tidak salah kalau kamu menjawab bahan dan resep. Tetapi sebenarnya selain bahan dan resep, kamu harus memperhatikan peralatan masak yang kamu gunakan di dapur. Kalau peralatanmu sudah bagus tapi tidak dirawat tentunya akan memengaruhi hasil masakanmu. Bagaimana cara merawat alat masakmu dengan benar? Simak tips berikut ini!

 

Wajan
Setelah menggunakan wajan, langsung cuci bersih wajan di air yang mengalir. Jangan menunda mencucinya lalu direndam dengan air terlebih dahulu, karena bisa jadi bakteri yang ada di rendaman malah menempel ke wajan. Setelah wajan dicuci bersih dengan spon lembut langsung keringkan wajan dengan lap dan taruh wajan di gantungan agar air yang tersisa bisa mengalir. Hindari menumpuk wajan dengan peralatan masak lainnya ya. Cara yang sama bisa kamu terapkan juga untuk panci

 

Panci
Untuk mencegah lengketnya bahan makanan ke panci, kamu bisa merebus air yang telah dicampur cuka selama beberapa menit sebelum menggunakan panci untuk memasak. Kalau untuk membersihkan karat atau noda hitam, gunakanlah minyak tanah, setelah bersih cucilah dengan sabun colek agar bau minyak tanahnya hilang, kemudian cucilah seperti biasa dengan sabun pencuci piring.

 

Talenan
Terbiasa menggunakan talenan untuk berbagai bahan makanan? Sebaiknya memang kamu mempunyai dua talenan berbeda untuk sayuran dan untuk daging. Tetapi jika kamu baru punya satu, bisa saja kamu gunakan untuk keduanya. Dengan catatan, sehabis menggunakannya untuk daging dan kamu ingin menggunakannya untuk memotong sayuran, talenan harus kamu cuci bersih menggunakan jeruk nipis. Fungsinya untuk menghilangkan lemak yang menempel. Jika lemaknya terlalu tebal, kamu bisa menyiramnya dengan air panas agar kumannya kabur.

 

Pisau
Cara merawat pisau tak jauh berbeda dengan cara merawat wajan, kamu harus mencuci bersih setiap habis digunakan dan mengeringkannya dengan lap. Sebaiknya pisau yang telah kering dan bersih kamu simpan di tempat penyimpanan khusus pisau yang mempunyai kemiringan yang pas dan akan membuang air sisa dari pisau. Selain itu, agar lebih awet hindari menggunakan talenan plastik, gunakanlah talenan kayu.

 

Penggiling Kayu
Pernahkah kamu menggiling adonan kue dan ada adonan yang belum kalis sehingga menempel ke penggiling kayu? Seringkali ini memang terjadi dan penggiling kayu pun menjadi kotor. Untuk mengatasinya, letakkan penggiling kayu di dalam freezer. Sesudahnya, kamu tinggal merontokkan adonan yang menempel di penggiling kayu dan mencucinya seperti biasa.