Tips Membersihkan Buah dan Sayur

13071119_m

Buah dan sayuran yang biasa kamu beli memang tidak bisa lepas dari sisa pestisida, kecuali kamu membeli sayuran organik. Sisa pestisida yang tertinggal dalam buah dan sayuran memang bisa membahayakan kesehatan. Jika kamu selama ini mengira kalau sisa pestisida bisa dihilangkan dengan menggunakan air bersih biasa, kamu salah besar. Perhatikan tips berikut ini agar sayuran dan buah yang kamu beli bebas dari sisa pestisida!

 

Jangan Gunakan Sabun & Air Panas

Kalau kamu selama ini mengira menggunakan sabun atau air panas adalah cara terbaik, kamu salah. Karena keduanya malah mengakibatkan hal yang lebih buruk pada sayur dan buah. Sabun malah akan menempel dan malah membawa bahan kimianya meresap ke dalam makanan. Sedangkan, air panas dapat merusak tampilan dan kandungan gizi buah dan sayuran.

 

Menggunakan Air Es

Ternyata cara yang paling disarankan untuk digunakan adalah dengan mencuci sayuran dan buah dengan air es selama 30 detik. Gosok buah dan sayur saat dicuci agar sisa pestisida yang menempel bisa hilang. Tentunya untuk sayuran dan buah yang cenderung lunak tidak bisa digosok terlalu keras. Untuk brokoli, bunga kol atau sayur dan buah yang lunak, dapat kamu rendam dalam air es selama 2 menit. Bilas lagi dengan air bersih.

 

Menggunakan Campuran Bahan Alami

Kamu juga bisa menggunakan campuran bahan alami, seperti air dan cuka dengan perbandingan 3:1. Campuran lainnya yang dapat kamu coba adalah 1 sendok makan jus lemon, 2 sendok makan baking soda/cuka sari apel dan 1 cangkir air. Rendam sayuran dan buah dalam campuran ini selama 10-20 menit. Lalu bilas lagi dengan air bersih.