Tips Agar Dapur Bebas Kuman

30660428_m

Bagian rumah mana yang menurutmu paling banyak kumannya? Kamar mandi? Salah, jawabannya dapur. Mengapa dapur? Menurut penelitian, 25% dari penyakit bersumber dari makanan, mulai dari tifus, hepatitis, sampai diare. Bagaimana cara mencegahnya? Yuk simak tips agar dapur bebas kuman berikut ini!

 

Cuci Tangan
Jangan lupa mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas di dapur. Jangan hanya membasahi tangan dengan air saja, tapi cuci tanganmu dengan sabun dan gosok tanganmu setidaknya selama 20 detik. Bersihkan daerah kuku, sela-sela jari, sampai ke pergelangan tangan. Dengan begini, tanganmu tidak akan menjadi penghantar kuman.

 

Mencairkan Makanan Beku
Sekarang ini sudah banyak makanan beku yang praktis untuk dimasak. Nah, ternyata makanan beku ini bisa jadi sarang bakteri jika kamu mencairkannya di luar kulkas begitu saja. Amannya, cairkan makanan beku dengan menggunakan microwave atau letakkan makanan beku di atas nampan dan cairkan di lemari es. Setidaknya makanan tidak beku saat kamu masak dan tidak terkena bakteri di udara luar.

 

Perhatikan Letak Tempat Sampah
Di mana letak tempat sampah kamu di dapur? Jangan sampai tempat sampah berada di bawah wastafel. Kenapa? Karena bisa jadi sarang kuman. Tetesan air dari wastafel dapat membuat tempat sampah lebih lembab dan memicu tumbuhnya bakteri dan jamur. Bahaya banget kalau kamu sedang memotong makanan di dekat tempat sampah, bakteri dan jamur dapat menginvasi ke dalam makanan. Jauhkan tempat sampah dari tempat yang basah dan lembab, lapisi tempat sampah dengan plastik, dan cuci tempat sampah minimal seminggu sekali.

 

Cara Menyimpan Peralatan Makan
Jangan biasakan menyimpan peralatan makan yang masih basah dalam lemari tertutup, karena hal ini akan memicu pertumbuhan jamur. Biasakan mengeringkan dulu peralatan makan baru kemudian menyimpannya di dalam lemari. Gunakan juga lap yang bersih ya untuk mengeringkan peralatan makan.

 

Perhatikan Porsi Makanan
Porsi makanan yang dimaksud di sini adalah porsi kamu dalam memasak. Sebaiknya memasak secukupnya saja, jangan sampai memanaskan makanan sampai berhari-hari. Selain dapat merusak kondisi makanan, juga bisa menjadi sarang bakteri. Kalau memang tak sengaja masak terlalu banyak, gunakan slow cooker yang menjaga makanan tetap panas dan terhindar dari bakteri.

 

Gunakan Pembersih yang Aman
Gunakan pembersih yang alami untuk membersihkan dapurmu. Kamu bisa menggunakan air jeruk lemon dan baking powder. Perhatikan juga permukaan spons cuci piring kamu, apabila sobek, langsung ganti saja dengan yang baru. Jangan biasakan juga menyisakan cairan cuci sabun. Semua hal ini bisa menimbulkan bakteri.