Agar Tepung Terigu Awet dan Tidak Jamuran

36998917_m

Tepung merupakan salah satu bahan dasar terpenting dalam membuat adonan makanan. Dari mulai kue, masakan, hingga gorengan. Namun bagaimana jika terigu yang kamu gunakan ternyata memiliki bau tak sedap, bahkan berkutu? Simak cara berikut ini agar tepung terhindar dari jamur dan kutu.

 

Simpan Di Tempat Kering Dan Sejuk
Waktu simpan semua jenis tepung tidak lebih dari 6 bulan. Jika terkena udara, perubahan utama yang terjadi adalah oksidasi minyak yang menyebabkan tepung berbau tengik. Oleh karena itu, jauhkan dari sinar matahari dan letakkan tepung di tempat sejuk berventilasi baik.

 

Gunakan Wadah / Toples Yang Tertutup Rapat
Menggunakan wadah tertutup untuk menyimpan tepung terigu dapat mencegahnya menyerap kelembapan, bau, dan mengundang serangga serta hewan pengerat lainnya.

 

Jauhkan Dari Barang Yang Beraroma Kuat
Jika kamu lupa menutup tempat tepung dan meletakkannya di dekat wewangian seperti sabun, deterjen, dan pewangi ruangan, segera jauhkan. Karena tepung terigu akan sangat mudah terkontaminasi bau-bauan yang lebih kuat.

 

Simpan Di Dalam Freezer Atau Lemari Pendingin
Umumnya tepung akan bertahan hingga setahun dalam lemari es, dan hingga beberapa tahun jika diletakkan dalam freezer. Untuk lebih baik lagi, bekukan dulu tepung terigu hingga 2 hari dalam freezer untuk mematikan telur kutu atau bakteri yang sudah terlanjur ada. Baru pindahkan ke lemari pendingin, agar lebih mudah saat akan digunakan.

 

Gunakan Daun Salam
Daun salam memiliki efek penolak serangga alami. Cukup masukkan beberapa lembar daun salam dalam wadah terigumu, agar baunya tidak berubah tengik.

 

Gunakan Arang
Cara paling kuno yang tebukti ampuh dan manjur ada pada arang yang dibungkus kain dan disimpan dalam wadah terigu. Arang dapat menghilangkan bau tengik dan membantu tidak bertumbuhnya telur kutu.