Sate Tempe Aroma

Sate Tempe Aroma

Makanan hasil fermentasi kacang kedelai ini (selain tahu) adalah asli warisan nenek moyang Indonesia lho, berbeda dengan teman karibnya, si tahu, yang originnya adalah makanan dari Cina. Tempe adalah makanan yang dibuat dari fermentasi terhadap biji kedelai menggunakan beberapa jenis kapang Rhizopus atau sering disebut “ragi tempe”. Kita bangsa Indonesia patut bangga lho, karena pamor si tempe asli Indonesia ini sekarang sudah mendunia. Bahkan tempe sudah diakui Badan Kesehatan Dunia (WHO) sebagai makanan yang kaya akan gizi sehingga sering digunakan sebagai pengganti daging. Dalam tempe terdapat kandungan protein yang sangat tinggi, magnesium, serat pangan yang baik bagi tubuh, isoflavon (senyawa antioksidan), dan vitamin B2. Mengkonsumsi tempe tidak akan membuat kamu kembung, dan kandungan gizinya membuat tempe baik untuk dikonsumsi oleh anak-anak dalam mengoptimalkan pertumbuhan atau menjaga fungsi organ tubuh bagi orang dewasa. Bahkan buat kamu yang sedang menerapkan diet tinggi protein, tempe sangat dianjurkan menjadi menu harian kamu. Biasanya tempe kerap disajikan dalam bentuk tumisan atau digoreng, kali ini Koepoe Koepoe mengajak kamu mengolah tempe dengan cara yang berbeda. Langsung coba yuk resep mudah Sate Tempe Aroma berikut.

 

Bahan-bahan : 500 gr tempe 30 gr tepung terigu 10 gr ketumbar bubuk koepoe koepoe 5 gr lada putih bubuk koepoekoepoe 1 butir telurayam 10 gr garam 10 gr gula merah 20 gr kecap manis 20 gr kol putih, iris tipis 10 gr cabe rawit, iris tipis Tusuk sate secukupnya Cara membuat :

  1. Terlebih dahulu siapkan kukusansembarikamumembuatadonan sate tempe.
  2. Remas-remas tempe hingga hancur. Kemudian masukkan tepung terigu, ketumbar koepoekoepoe, bubuk lada putih koepoekoepoe, telur,dangaram, aduk hingga adonanrata dan bumbu
  3. Bentuk adonan tempe menjadibola-bola kecil. Masukkan ke dalam kukusan dan kukus selama 3 menit.
  4. Tusuk-tusuk bola-bola tempe yang sudahmatangdengan tusukan sate.
  5. Sebelum sate tempe dipanggang, terlebihdahulubuatsaus olesannya dengan mencampurkan bubuk ketumbar koepoe koepoe dengan kecap manis dan gula merah. Aduk hingga tercampur rata.
  6. Oleskan saus ke permukaan sate, kemudian panggang dengan menambahkan sedikit minyak hingga saus olesan meresap.
  7. Setelah matang, agar lebih segar sajikan dengan selada dan irisan cabai merah.

Nah kalau Sate Tempe Aroma ala racikanmu sudah jadi, jangan lupa share fotonya ya di akun (Facebook/Instagram/Twitter) Koepoe Koepoe di …(URL sosmed)