Perkedel Kepiting Kentang

Kepiting, penggemar seafood mana yang dapat melupakan rasa manis dari daging lembutnya? Apalagi ditambah berbagai bumbu kaya rempah seperti saus padang dan bumbu asam manis. Hmm tambah sedap! Tapi, bagaimana ya rasanya jika daging kepiting diolah dengan kentang menjadi bentuk lain dari biasanya? Yuk kita explore rasa baru dari Perkedel Kentang Kepiting berikut ini! Bahan yang dibutuhkan: 200 gr daging kepiting yang sudah dimasak 2 buah kentang berukuran medium yang sudah direbus, dikupas, dan dihancurkan 1 butir kuning telur 1 sdt garam Bubuk lada putih KOEPOE KOEPOE sesuai selera. 1 sdt kecap asin 1 sdt perasan jeruk lemon 2 sdmdaun bawang, iris tipis 2 sdm daun ketumbar, iris 60 gr tepung terigu 1 butir telur, kocok 100 gr remah roti Minyak untuk menggoreng 60 ml saus sambal Dua Belibis Cara membuat:

  1. Lepaskan daging kepiting dari cangkangnya, bersihkan hingga tidak ada kulit tersisa. Campur daging kepiting yang sudah bersih dari cangkang dengan kentang, kuning telur, garam, lada, kecap asin , air perasan jeruk lemon, daun bawang, dan daun ketumbar dalam satu wadah. Giling hingga tercampur rata. Bentuk bulat-bulat dengan diameter sekitar 5cm, lalu pipihkan dengan ketebalan sekitar 1 ½ cm.
  2. Taburi masing-masing adonan yang telah dipipihkan dengan tepung terigu. Celupkan ke dalam telur yang telah dikocok, lalu baluri remah roti hingga seluruh permukaan tertutupi. Atur adonan yang telah selesai dibaluri ke dalam wadah tertutup, lalu masukan ke kulkas selama 30 menit. Hal ini dapat mencegah remah roti terlepas saat digoreng.
  3. Panaskan minyak sekitar 3 sdm dalam penggorengan (sebaiknya yang anti-lengket) lalu goreng adonan dalam api sedang hingga berubah cokelat keemasan di kedua sisi.
  4. Simpan di atas tisu dapur untuk menyerap minyak berlebih. Sajikan hangat dengan saus sambal.

Untuk14 porsi Waktu persiapan: 15 menit Waktu pembuatan: 20 menit (termasuk waktu perebusan kentang)